Tuesday 29 November 2016

Mulai Saat ini Tidak Perlu Ke Dokter.. Cukup Cek Warna Urine, Kita Bisa Tahu Semua


Warna, kepadatan dan bau urin dapat mengungkap kondisi kesehatan seseorang. Sehingga hal itu dapat membantu dokter untuk melakukan pengobatan.

Warna urine setiap orang akan mengalami perubahan sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Seperti yang dilansir dari huffingtonpost, Jumat 24 Juli 2015 bahwa urine manusia dapat membantu dokter untuk mendiagnosa sebuah penyakit.

Warna, kepadatan dan bau urin dapat membantu dokter untuk melakukan langkah pengobatan. Jika kencing masih berwarna kuning transparan, kemungkinan kesehatan anda cukup terjaga.

Tapi, baru -baru ini Asapscience mengeluarkan sebuah video yang menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan warna urine menjadi berbeda. Bahkan setiap warna kencing tersebut, bisa menjelaskan penyakit yang berbeda seperti di bawah ini:

Kuning
Jika warna urine Anda terlihat seperti warna kuning madu, kemungkin mengandung tingkat urobolin di dalamnya. Sedangkan kencing berwarna kuning pekat bisa menjadi penanda bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi. Sehingga harus memperbanyak asupan air putih ke dalam tubuh.

Coklat
Sedangkan untuk urine yang berwarna kecoklatan, biasanya terjadi karena efek samping dari obat pencahar, obat pereda nyeri otot atau antibiotik.

Keunguan
Urin keunguan biasanya akan dikeluarkan penderita porfia. Suatu penyakit pelepuhan kulit karena terbakar sinar matahari. Hal itu menandakan bahwa tubuh kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memproduksi heme, salah satu bagian penting dari sel darah merah. Segeralah memriksakan diri ke dokter agar tidak semakin parah.

Biru
Mungkin hal ini terdengar aneh atau tidak mungkin terjadi pada manusia normal. Tapi ternyata ini menjadi penanda bahwa Anda menderita hiperkalsemia. Kondisi dimana kadar kalsium dalam darah berada di atas normal. Sehingga dapat mengganggu proses kontraksi otor yang melepaskan hormon dan memastikan saraf otak berfungsi dengan baik. Penyakit ini memang langka terjadi, dan biasanya menyerang anak - anak.

Hijau
Meskin kencing berwarna hijau, Asapscience meyakinkan bahwa ini bukanlah masalah besar. Asupan vitamin, konsumsi obat baru atau pengaruh dari pewarna makanan bisa menyebabkan hal itu terjadi.

Pink
Penyebab kencing berwrna merah muda diyakini karena konsumsi buah bit atau berry. Tapi, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter karena dikhawatirkan akan mengalami kanker prostat atau kandung kemih yang membesar.

Orange
Tubuh yang banyak memiliki kandungan vitamin C akan mengeluarkan kencing berwarna orange. Makan wortel dalam jumlah banyak juga bisa menghasilkan karoten yang juga menyebabkan warna kencing berwarna jingga. Efek samping obat-obatan dari penyakit infeksi saluran kemih, juga bisa menjadi penyebabnya. 

No comments:

Post a Comment